Tips Seputar Dapur : Cara Merawat Teflon Agar Awet dan Tahan Lama

Dapur Trendi - Cara Merawat Teflon Agar Awet dan Tahan Lama

Teflon merupakan satu dari sekian alat masak yang banyak ditemui dan digunakan di dapur. Alat yang satu ini biasanya digunakan untuk menggoreng ikan, telor dan bahan-bahan lain dengan hanya memakai sedikit minyak. Kegunaannya yang dapat menghemat minyak, menjadi salah satu alasan kenapa ibu-ibu rumah tangga lebih memilih alat yang satu ini.

Namun dibalik kegunaannya yang hemat, tidak sedikit dari ibu-ibu rumah tangga yang belum mengetahui bagaimana cara merawat Teflon yang benar, sehingga Teflon cepat rusak dan tidak bisa digunakan kembali. Pada kesempatan kali ini, Dapur Trendi akan memeberikan tips cara merawat Teflon agar awet dan tahan lama, sehingga ibu-ibu tidak pusing memikirkan untuk beli Teflon yang baru. Adapun tips tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

Cara Merawat Teflon

1. Gunakan api sedang


Biasanya, pada saat memasak kita berasumsi bahwa dengan menggunakan api yang besar akan mempercepat proses memasak di dapur. Justru itu asumsi yang salah karena selain masakan tidak akan matang secara sempurna, juga membuat Teflon cepat rusak. Agar Teflon yang kita miliki tidak mudah rusak, sebaiknya gunakan api yang sedang pada saat memasak agar lapisan bawah Teflon tidak mudah lengket dan mengelupas.

2. Gunakan spatula kayu


Kandungan polimer yang ada pada Teflon memang dikhususkan untuk melindungi permukaan Teflon agar tidak lengket dan mudah tergores. Namun, jika terus menerus mengalami gesekan maka tidak menutup kemungkinan Teflon kesayangan kita akan rusak dan tidak bisa digunakan kembali. Oleh karena itu, penting rasanya untuk menggunakan spatula yang terbuat dari bahan kayu agar Teflon kesayangan tidak gampang tergores dan rusak.

3. Rendam dalam air


Habis manis sepah dibuang, selesai masak Teflon dibiarkan tergeletak. Yang seperti ini mungkin sudah menjadi kebiasaan kita, dimana selesai memasak alat dapur dibiarkan begitu saja. Alih-alih menghemat bahan lainnya seperti minyak, Teflon tidak langsung dicuci setelah dalam kondisi dingin. Justru kebiasaan yang demikian ini yang dapat mempercepat kerusakan pada Teflon. Sebaiknya, jika Teflon sudah dalam kondisi dingin, rendam Teflon ke dalam air untuk menghilangkan sisa masakan yang melengket. Jadi tidak perlu langsung dicuci agar Teflon tetap terawat.

4. Letakkan dalam posisi tertelungkup


Setelah selesai dicuci, Teflon jangan digantung apalagi di letakkan secara sembarangan. Cukup letakkan Teflon dalam posisi tertulungkup untuk menghindari hewan dan kotoran yang hinggap dan menempel di lapisan atas Teflon. Tentu kita tidak mau kan pada saat memasak ternyata ada hewan yang ikut kemasak?. :D

Jadi intinya, jika sahabat dapur trendi ingin barang kesayangannya memiliki masa pakai yang cukup lama. Maka terlebih dahulu harus mengetahui bagaimana cara perawatan barang tersebut dengan benar. Jangan sampai ketidak tahuan kita justru merusak barang kesayangan yang kita miliki.

Well, demikianlah informasi tips seputar dapur cara merawat Teflon agar awet dan tahan lama. Jika sahabat dapur trendi merasa infomasi di atas dapat memberikan manfaat dan pengetahuan bagi kita semua. Jangan lupa share and comment nya ya, karena berbagi itu indah.

Belum ada Komentar untuk "Tips Seputar Dapur : Cara Merawat Teflon Agar Awet dan Tahan Lama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel